Dahsyatnya Istighfar

always-istighfar-and-remember-allahDiceritakan dalam sebuah kisah, pada suatu hari, Imam Ahmad Bin Hanbal melakukan sebuah perjalanan jauh dari tempat tinggalnya. Belum sampai di tempat tujuan, di tengah perjalanan ternyata beliau kemalaman dan memutuskan menginap di sebuah masjid.

Nama besar Imam Ahmad Bin Hanbal tidak membuat semua orang mengenal fisik dan ciri beliau. Maklum saja, teknologi ketika itu sangat terbatas, belum ada teknologi canggih atau pun media sosial yang membuat kita bisa mengetahui siapa saja tanpa mengenal terlebih dahulu. Dan Imam Ahmad Bin Hanbal pun tidak mendapatkan izin dari penjaga masjid untuk bemalam.

Lalu, datanglah seorang warga sekitar masjid tersebut menawarkan tempat bagi Imam Ahmad Bin Hanbal untuk bermalam. Warga tersebut berprofesi sebagai pembuat roti. Di rumah si pembuat roti, Imam Ahmad Bin Hanbal sering kali mendengar sang tuan rumah mengucapkan kalimat istighfar. dalam setiap gerak langkah tuan rumah, termasuk ketika membuat adonan roti, selalu teriring kalimat meminta ampunan Allah.

Imam Ahmad Bin Hanbal lalu bertanya kepada sang tuan rumah. “Wahai Tuan, apa manfaat dari amalan tuan yang selalu beristighfar?” Tanya Imam Ahmad Bin Hanbal.

Tuan rumah pun tersenyum dan menjawab, “Manfaatnyanya, setiap doa yang saya panjatkan kepada Allah, pasti selalu dikabulkan-Nya,” jawab si tuan rumah.

“Tapi, ada satu doa saya yang sampai sekarang belum dikabulkan Allah,” sambung sang tuan rumah. “Doa apakah itu, Tuan?” tanya Imam Ahmad. “Dari dahulu, saya berdoa kepada Allah agar saya dipertemukan dengan Imam mazhab saya, yakni Imam Ahmad bin Hanbal. Namun hingga saat ini, saya belum juga dipertemukan dengannya,” kata tuan rumah.

Mendengar itu, Imam Ahmad langsung kaget. Inilah rupanya yang memaksa seorang Imam besar luntang-lantung tengah malam. Ini juga alasannya, mengapa Imam Ahmad diusir dari masjid dan dipaksa berjalan tengah malam hingga akhirnya sampai dipertemukan dengan si pembuat roti itu. Semuanya sama sekali bukan suatu kebetulan, melainkan skenario Allah untuk menjawab doa si tukang roti. Demikian dahsyatnya kekuatan istighfar, sehingga membuat Allah selau mengabulkan doa yang dipanjatkan kepada-Nya. Seorang Imam yang berpergian jauh, Allah tuntun langkahnya agar sampai di rumah pembuat roti. Kemudian Allah pertemukan keduanya. Tak ada yang mustahil bagi Allah, jika Dia berkehendak.

_______________________________________________________________________________________

Kisah di atas adalah sedikit kisah mengenai dahsyatnya keutamaan istighfar. Dengan beristighfar, kita meminta langsung ampunan dari Allah dari dosa dan kesalahan kita. sekecil apapun dosa dan salah tersebut.

Rasullah Sallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda. Siapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan menjadikan baginya setiap kesusahan itu ada jalan keluar, dan pada setiap kesempatan ada cara mengatasinya serta memberikan rizki kepadanya dari sumber yang tidak disangka-sangka. (HR. Abu Daud).

Semoga kita bisa menjadikan istighfar sebagai salah satu amalan unggulan kita. Aamiin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s