Pesona Wisata Bengkulu: Air Terjun Suban Air Panas

IMG_4803

Air Terjun Suban Air Panas

Libur panjang di akhir tahun memang paling enak dinikmati bersama keluarga. Libur akhir tahun yang bertepatan dengan long weekend karena Hari Natal tahun 2015, saya habiskan bersama keluarga besar ke salah satu objek wisata yang ada di Provinsi Bengkulu. Salah satu destinasi yang dipilih oleh saya bersama keluarga adalah berkunjung ke Objek Wisata Suban Air Panas di Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Objek wisata pemandian Suban Air Panas bukan objek wisata yang asing di telinga warga Provinsi Bengkulu khususnya warga Kota Bengkulu. Objek wisata ini telah ada sejak puluhan tahun lalu dan terkenal dengan mata air yang secara alami mengeluarkan air dengan suhu yang hangat. Tentu ini kontras dengan suhu udara rata-rata di Kota Curup yang terkenal dingin karena berada di daerah pegunungan.

Salah satu titik lokasi yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Suban Air Panas adalah air terjun Suban yang terletak di dalam kawasan objek wisata tersebut dan hanya ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit dari gerbang utama objek wisata Suban Air Panas. Air terjun ini memiliki dua aliran air dari atas bukit dan mengalir ke sungai kecil di bawahnya.

IMG_4791

Jika diperhatikan, batu di antara air terjun menyerupai wajah seorang laki-laki.

Suasana sejuk langsung terasa begitu berada di bawah pancuran air terjun Suban. Sungai yang menjadi aliran air terjun tersebut tidak terlalu dalam. Hanya setinggi lutut orang dewasa. Air terjun ini dikelilingi oleh tanaman khas hutan hujan tropis di bukitnya dan dilengkapi sedikit bebatuan di aliran sungai air terjun tersebut. Sungai yang menjadi aliran air terjun ini masih cukup bersih dan jernih. Kesegaran aliran air cukup terjaga sehingga banyak pengunjung yang berlama-lama di bawah air terjun hanya untuk sekedar ber-selfie ria dan berfoto bersama keluarga.

Untuk mencapai ke lokasi air terjun, ada dua akses jalur yang dapat ditempuh oleh pengunjung. Jalur pertama adalah melalui jalur yang ada di dekat pintu masuk objek wisata Suban Air Panas. Jika melewati jalur ini, Anda akan sedikit mendaki ketinggian sebelum mencapai air terjun. Jalur kedua dengan melewati kolam renang yang ada di Suban Air Panas. Di jalur kedua, Anda tidak perlu mendaki ketinggian seperti melewati jalur pertama.

Kedua jalur tentu memiliki kelebihan dan kekurangan  masing-masing. Secara pribadi, saya lebih memilih melewati jalur kedua. Jalur yang cukup mudah dilalui oleh seseorang berbobot sedikit overweight seperti saya. He he he. Hanya saja Anda perlu sedikit berhati-hati karena di jalur ini Anda akan melewati beberapa bebatuan besar yang licin dan penuh dengan lumut.

DSCN6571Sedangkan pada jalur pertama, selain Anda harus mendaki di jalur tersebut, Anda juga harus melewati tanah  yang lembab dan basah. Tergantung Anda, jalur mana yang membuat Anda nyaman, kedua jalur tersebut bisa menjadi pilihan untuk mencapai air terjun. Dan yang pasti, begitu sampai di air terjun, rasa lelah yang ada akan segera hilang karena kesejukan dan keasrian air terjun tersebut.

Sedikit penilaian Air Terjun Suban Air Panas

Kelebihan:

  • Objek Wisata Suban Air Panas terletak tidak jauh dari Pusat Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Hanya membutuhkan waktu 10-15 menit dari pusat Kota Curup ke Objek Wisata Suban Air Panas.
  • Kebersihan di sekitar air terjun masih cukup terjaga. Pengunjung masih bisa menikmati sejuk dan segarnya air pegunungan yang mengalir di air terjun tersebut.
  • Sungai yang menjadi aliran air terjun masih cukup jernih dan terdapat beberapa pondok dimana Anda bisa meletakan barang-barang yang Anda bawa.

Kekurangan:

  • Lokasi parkir kendaraan yang dari dulu tidak begitu luas di area parkir kendaraan lokasi wisata.
  • Banyak retribusi yang akan dipungut dari pengunjung. Begitu masuk kawasan wisata Anda akan diminta Rp. 5.000 untuk satu kendaraan roda empat. Pos selanjutnya akan diminta uang parkir sebesar Rp. 3.000 per kendaraan (tidak ditentukan untuk berapa lama waktu parkir). Masuk ke objek wisata Suban Air Panas melalui satu-satunya gerbang masuk-keluar ke objek wisata sebesar Rp. 10.000 (untuk dewasa) dan Rp. 5.000 (anak-anak) per pengunjung. Dan untuk mencapai air terjun, Anda akan diminta retribusi sebesar Rp. 3.000 (dewasa dan anak-anak) per pengunjung, baik jalur pertama maupun jalur kedua menuju Air Terjun Suban. Belum lagi “jasa” yang harus Anda berikan untuk mereka yang memandu parkir keluar dan masuk kendaraan Anda.
  • Saat ini tengah dilakukan renovasi di beberapa titik di dalam objek wisata Suban Air Panas (terutama di area kolam air panas) sehingga mengganggu kenyamanan dan kebersihan area wisata.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Suban Air Panas:

  • Anda harus ekstra hati-hati ketika mengendarai kendaraan dan masuk ke lokasi objek wisata Suban Air Panas karena akses jalan yang cukup sempit, sebelah kanan jalan merupakan jurang karena akses jalan masuk ke lokasi wisata berada di ketinggian. Ada jalur alternatif yang cukup aman bagi para pengunjung.
  • Pastikan anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak berbahaya karena Anda akan melewati jalur dengan tanah dan bebatuan yang cukup licin.
  • Jangan lupa sarapan sebelum ke lokasi ini. Jajanan yang dijual di area wisata sedikit di atas harga pasar.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung sekitar pukul 06.30-07.00 WIB dimana objek wisata Suban Air Panas baru dibuka dan belum begitu ramai. Dijamin Anda akan cukup merasa nyaman, terlebih ketika memarkir kendaraan yang dibawa. He he he..
  • Seperti public area yang ada pada umumnya, kamar ganti dan toilet umum di dalam area objek wisata Suban Air Panas mungkin tidak nyaman bagi sebagian orang. Terlebih beberapa kamar ganti dan toilet sedang mengalami renovasi. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan toilet umum di sekitar area parkir kendaraan yang terlihat cukup bersih dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s