Berbuat Baik Dan Kebaikan Itu Akan Kembali

Copyright @bang_adiet

Di tengah keseharian seorang karyawan yang diburu oleh target demi menyejahterakan keluarga dan orang banyak, akhirnya blog ini mendapat tambahan tulisan baru setelah berbulan-bulan dibiarkan saja tanpa ada sesuatu yang baru. Semoga ke depan konsistensi selalu hadir untuk selalu mengisi blog ini dengan sesuatu yang bermanfaat bagi semua.

Di tengah kelelahan dan kejenuhan dari pekerjaaan yang dilakukan setiap hari, saya secara pribadi, Alhamdulillah selalu dibenturkan dengan sebuah kejadian dimana saya dipertemukan dengan sesuatu yang dapat melupakan kelelahan dan kejenuhan tersebut dan kembali memberikan sebuah semangat baru.

Contoh nyata baru-baru ini di tengah kejenuhan, bagaimana saya bisa bertemu dengan top management perusahaan di tempat saya bekerja dan kembali mengingatkan akan pentingnya sebuah passion dalam melakukan sebuah pekerjaan. Pesan tersebut InsyaAllah akan dibahas di lain kesempatan.

Fokus saat ini adalah ketika saya menyanggupi keinginan seorang sahabat untuk membantu mengisi survey ilmiah yang sedang dia kerjakan (Semoga Allah senantiasa mempermudah langkah beliau). Di website sahabat saya itu, ada sebuah kalimat yang menggugah hati saya. Kalimat tersebut dalam bahasa arab yang dilatinkan adalah in ahsantum, ahsantum li anfusikum, wa in asa’tum falaha yang jika diartikan secara singkat dan sederhana dalam Bahasa Indonesia adalah jika kita berbuat kebaikan, maka kebaikan itu akan kembali kepada kita.

Dalam lamunan saya, kalimat sederhana tersebut memiliki arti dan pengaruh yang luar biasa dalam hidup kita. Sebuah kebaikan, akan memberikan kebaikan bagi kita. DR. Zakir Naik dalam sebuah ceramahnya pernah berkata, jika kita berbuat baik kepada seseorang maka sesungguhnya kita seperti telah berbuat baik kepada ribuan orang.

Berbuat kebaikan kepada orang lain memang sangat diperlukan dalam hidup kita sehari-hari. Namun saya pribadi berpendapat, satu hal penting yang harus kita ingat adalah bagaimana kita bersikap baik dengan diri sendiri. Maksudnya adalah bagaimana diri kita bisa memotivasi diri sendiri untuk selalu melakukan hal-hal baik terhadap apa yang kita lakukan dan terhadap apa yang ada di sekitar kita.

Terutama bagi seorang muslim. Memberikan yang terbaik adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Memberikan yang terbaik dari diri kita dalam menjalani ibadah wajib atau ibadah yang disunnahkan tentu akan memberikan nilai positif bagi kita. Memberikan yang terbaik ketika bersedekah tentu akan dibalas beribu kebaikan yang tidak akan pernah kita duga darimana datangnya.

Dalam keseharian, saat melakukan suatu pekerjaan kita wajib memberikan semua yang terbaik dari diri kita baik tenaga maupun pikiran. Apapun pekerjaan halal yang kita lakukan harus dilandasi dengan niat memberikan yang terbaik dari diri kita. Insyaallah, tindakan tersebut akan memberikan manfaat bagi kita.

Coba renungkan, disadari atau tidak, ketika kita pernah melakukan suatu pekerjaan dan memberikan yang terbaik dari diri kita, tentu hasil dari pekerjaan tersebut adalah sesuatu yang baik dan memberikan dampak yang baik atau bermanfaat bagi kita.

Itulah kenapa slogan blog ini saya ganti dengan kalimat give the best and the best will comeback to you. Kalimat tersebut secara tidak langsung memberi motivasi bagi saya untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap hal yang saya lakukan (semoga kalimat ini tidak riya atau pamer niat). Tentu saya juga masih harus banyak belajar bagaimana bisa konsisten memberikan yang terbaik dari diri saya untuk apa yang saya kerjakan dan meningkatkan kualitas dari apa yang saya berikan.

Berikan yang terbaik, maka yang terbaik akan kembali kepada kita. Insyaallah.

Tinggalkan Balasan

