Warisan Kolonial

Lama tidak membuat tulisan baru dan malam ini kembali menulis dengan sebuah kegelisahan. Kegelisahan yang bermula dari realita sehari-hari. Realita yang membuka mata kalau budaya warisan kolonial masih melekat pada bangsa ini. Terutama pada mereka yang kita bilang pemimpin atau memiliki jabatan tertentu.

Berada di bawah jajahan kolonial Belanda selama 3,5 abad ternyata memberikan peninggalan tersendiri. Lihat saja, mereka yang kita sebut sebagai pemimpin. Lihat saja, banyak dari mereka yang dengan gagahnya melintasi jalan raya dengan kawalan voorijder dan membuat kita semua menepi. Hal ini mirip sekali dengan film dengan cerita zaman kolonial dimana jika ada petinggi kolonial maka rakyat jelata harus memberikan jalan dan hormat mereka. Atau bagaimana ketika semua orang dengan lelahnya merasakan kemacetan, mereka yang kita sebut pemimpin dengan mudahnya menerobos kemacetan.

Atau ketika kita para rakyat ingin berkeluh kesah dan bertemu pemimpin mereka. Tapi yang ditemui rakyat adalah serangkaian prosedur protokoler yang justru meyusahkan. Mereka yang kita sebut pemimpin begitu sulit ditemui, terlalu sibuk untuk menerima keluhan rakyat. Dan kadang tidak mau bersentuhan langsung dengan rakyat.

Namun, paradoks terjadi ketika pemilihan kepala daerah sudah dekat. Setiap calon pemimpin menjelma menjadi orang yang begitu dekat dengan rakyat dan begitu peduli nasib rakyat. Bagi saya mereka hanya orang-orang munafik. Begitu terpilih, mereka seolah tak sentuh oleh rakyat dan setiap apa yang dijanjikan pada saat pemilihan, tak lebih dari sekedar omong kosong!

Satu pemikiran pada “Warisan Kolonial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s