Tua-Tua Keladi, Makin Tua Makin Jadi

Tulisan kali ini bukan bercerita tentang kakek-kakek yang sukses di usia uzurnya seperti Hugh Hefner yang makin sukses di dunia percintaan,hehe. Tulisan ini akan bercerita mengenai mereka yang masih aktif sebagai atlet sepak bola di usia yang sudah tidak muda lagi dan tetap menjadi panutan setiap orang. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Ryan Giggs dan Paul Scholes

GambarSiapa yang tidak kenal Ryan Giggs dan Paul Scholes? Dua pemain veteran Manchester United ini masih aktif bermain sepak bola bahkan Scholes memutuskan comeback setelah sebelumnya memutuskan pensiun di awal musim 2011-2012. Giggs (38 tahun) dan Scholes (37 tahun) menunjukkan kepiawaian mereka seolah tidak pernah termakan usia. Bahkan performa Manchester United musim lalu mengalami peningkatan yang cukup baik ketika Scholes kembali bermain. Scholes bahkan diisukan masuk dalam skuad Inggris di EURO 2012. Dua pemain ini sangat berpengaruh bagi United dan sejarah sepak bola Inggris. Mereka tentu saja jadi panutan bagi pemain muda baik di dalam maupun di luar lapangan, tidak hanya pemain muda United tapi juga pemain muda di mana pun. Rasanya dalam satu dekade ke depan, United akan sulit menemukan pemain seperti alumni class of 92 ini.

2. Javier Zanetti

GambarInter Milan menboyong Javier Zanetti dari Banfield, Klub Divisi Utama Argentina pada tahun 1995. Hanya butuh waktu 4 tahun, Zanetti diangkat menjadi kapten tim dan tak tergantikan hingga saat ini siapapun pelatih Inter Milan. Sosok kharismatik ini adalah pemain yang sangat loyal terhadap klubnya walaupun banyak tawaran dari tim lain. Di usia ke-38 Zanetti masih menunjukkan performa terbaiknya. Hal ini bisa dilihat dari penampilannya dalam dua pertandingan di Indonesia baru-baru ini. Segala situasi bersama Inter Milan telah ia lewati hingga mencapai puncak prestasi bersama Inter Milan di tahun 2010. Inter Milan sulit untuk menemukan pengganti yang sepadan dengan Javier Zanetti.

3. Keith Kayamba Gumbs

GambarStriker Sriwijaya FC ini mungkin jadi pemain tertua yang berlaga di Indonesia saat ini. Melihat penampilannya musim ini, bisa jadi banyak yang tidak percaya Gumbs sudah berusia 40 tahun. Dengan 18 gol untuk Sriwijaya FC, Gumbs patut dijadikan contoh bagi pemain muda Indonesia bagaimana bisa menjadi pemain sepak bola yang baik.

 

 

4. Ponaryo Astaman dan Bambang Pamungkas

GambarDua icon sepak bola Indonesia. Bambang Pamungkas menunjukkan bagaimana menjadi pemain yang loyal dan pemimpin yang baik bagi tim. Saat AFF Cup 2010 lalu, Bambang Pamungkas bukan menjadi pilihan utama pelatih Alferd Riedl. Tapi, Riedl dan para pemain tim nasional Indonesia tetap menunjuk Bambang Pamungkas sebagai leader di dalam tim. Sedangkan Ponaryo Astaman yang saat ini menjadi kapten tim Sriwijaya FC, menunjukkan betapa penting perannya terhadap tim dan menunjukkan grafik penampilan yang stabil meski sudah memasuki usia 33 tahun. Bahkan Ponaryo pun dipercaya sebagai Presiden Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) karena kepiawaiannya menjadi seorang pemimpin. Mereka salah satu panutan wajib pemain muda Indonesia!

Ya, mereka pemain yang menjadi panutan bagi para pesepakbola muda saat ini. Teman-teman punya pendapat lain? Silahkan disampaikanšŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s