The Class of 92

The Class of 92. Ini adalah angkatan yang terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester United dari academy mereka. Berisikan pemain-pemain muda hebat seperti David Beckham, Ryan Giggs, dan Paul Scholes. Mereka menjuarai The FA Youth Cup tahun 1992. Dan mereka pun menjadi tulang punggung Manchester United selama hampir satu dekade.

Gary dan Phil Neville, David Beckham, Paul Scholes, Ryan Giggs, Nicky Butt adalah talenta luar biasa hasil didikan sekolah sepak bola milik Manchester United. Tidak hanya menjadi andalan di klub, mereka juga sering memperkuat tim nasional mereka masing-masing. Salah satu sejarah emas dalam sejarah panjang perjalanan Manchester United. Memang, ada beberapa orang selain dari mereka seperti Keith Gillespie, Robbie Savage, dan Simon Davies yang juga merupakan anggota tim academy Manchester United 1992. Namun, karier mereka tidak seberuntung yang lain.

Segerombolan Anak Baru Gede ini dipromosikan ke  tim utama pada musim 1992-1993. Banyak yang meragukan mereka, tapi Alex Ferguson sangat percaya The Class of 92 bisa menjadi andalan bagi Setan Merah. Cerita menarik ketika musim 1994-1995, Alex Ferguson memanfaatkan penuh tenaga The Class of 92 untuk mengisi tim utama seiring dengan sering cideranya Mark Hughes dan sanksi 8 bulan untuk Eric Cantona karena insiden tendangan kung fu. Tindakan Fergie – panggilan akrab Ferguson – itu sempat dikritik mantan pemain Liverpool yang juga komentator BBC, Alan Hansen. “Anda tidak akan memenangkan apa-apa di musim 1995-96 kalau mengandalkan anak-anak,” sindir Hansen kepada Fergie. Faktanya, sindiran tersebut dijawab dengan gelar juara Liga Inggris musim 1995-1996.

Satu hal yang menarik dari The Class of 92 adalah mereka memiliki pemain tengah yang sangat berkualitas. Paul Scholes menjadi andalan lini tengah United (bahkan comeback setelah memutuskan pensiun). Ryan Giggs dan David Beckham adalah kekuatan yang menakutkan di sayap United. Giggs dengan kecepatannya dan Beckham dengan umpan akuratnya. The Class of 92 telah menyumbang beberapa prestasi diantaranya double winners di musim 1995-96. Mereka juga mampu menambah 5 gelar Premier League, 1 Piala FA, 1 Liga Champions, dan 1 Piala Interkontinental. Prestasi paling bersejarah tentu pada musim 1998-99. David Beckham dkk menorehkan catatan emas. United menjadi klub pertama yang mampu meraih treble winners dengan menjuarai Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Kini, hanya Paul Scholes dan Ryan Giggs yang tersisadi tim utama United dari the class of 92. Di awal musim 2011-2012, sempat muncul harapan akan adanya generasi kedua dari The Class of 92 yang memperkuat United di tim utama, sebut saja Jonny Evans, Tom Cleverly, Da Silva bersaudara dan Danny Wellbeck. Namum, pesona mereka seperti belum cukup untuk menandingi para senior mereka.

-Kualitas para anggota Class of ‘92 menjadi salah satu kunci kesuksesan manajemen saya. Jika menjadi manajer seperti saya, Anda harus memiliki tim dengan kualitas seperti itu (SIR Alex Ferguson)-

Fakta Class of ‘92
Nama resmi: Manchester United Junior
Pelatih: Eric Harrison
Skuad: Kevin Pilkington (kiper), Gary Neville, Phillipe Neville, Chris Casper, John O’Kane, Keith Gillespie, David Beckham, Rabbie Savage, Ben Thornley, Nicky Butt, Paul Scholes, Simon Davies, Ryan Giggs, Colin McKee,George Swtzer
Prestasi: Piala FA Junior 1992

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s