Keith Kayamba Gumbs

Sekali-sekali buat tulisan ringan. Istirahat dulu buat tulisan yang “berat” hehehe. Baiklah, dalam kesempatan ini Aku akan sedikit bercerita mengenai seorang pemain sepak bola yang membela Sriwijaya FC. Seorang striker bernama Keith Kayamba Gumbs.

Aku sangat tertarik membuat tulisan mengenai seorang Keith Kayamba Gumbs karena belakangan aksinya di Liga Super Indonesia sangat luar biasa. Menjadi top scorer sementara di usia 39 tahun. Dan menurutku Gumbs adalah pemain asing terbaik yang dimiliki Liga Indonesia saat ini.

Mengawali debutnya bersama Sriwijaya FC pada tahun 2007, Gumbs mengawali karier di Sriwijaya FC saat Laskar Wong Kito menjalani laga tandang melawan PSIS Semarang di Stadion Jatidiri Semarang. Gumbs langsung mencetak dua gol untuk pertandingan yang berakhir 2-2 tersebut. Beberapa pekan selanjutnya, gol tunggal Gumbs menjadi penentu kemenangan Sriwijaya FC atas Persija Jakarta di semifinal Liga Indonesia 2007. Hebatnya, Di musim pertamanya, Gumbs langsung membawa Sriwijaya FC menjadi tim pertama yang bergelar double winners di Indonesia.

Musim selanjutnya, Gumbs tetap menjadi pilihan utama Sriwijaya FC. Di bawah pelatih Rahmad Darmawan, Gumbs dipercaya menjadi kapten Laskar Wong Kito. Kiprahnya tidak hanya cemerlang di Liga Indonesia, Gumbs pernah membobol gawang Seoul FC dalam pertandingan Liga Champions Asia 2009 dan produktif mencetak gol bersama Sriwijaya FC di ajang AFC Cup.

Ada yang menarik dari seorang Gumbs, dia mampu bermain di posisi manapun. Saat Sriwjaya FC dilatih oleh Rahmad Darmawan dan Ivan Kolev, Gumbs sering bermain di posisi sayap kiri. Kadang dimainkan di posisi sayap kanan, second striker dan target man walaupun sejatinya Gumbs adalah seorang striker. Kini, di bawah kepelatihan Kas Hartadi, Gumbs berperan sebagai striker murni atau target man Sriwijaya FC dan berhasil mencetak 12 gol dalam 11 pertandingan di Liga Super Indonesia saat ini.

Selain itu, Gumbs adalah pemain dengan selebrasi gol yang unik dan kreatif. Beberapa selebrasinya mengundang tawa penonton. Seperti sosok Valentino Rossi yang memiliki banyak ide selebrasi ketika berhasil memenangi sebuah race. Dengan 12 gol yang dibuat saat ini, Gumbs terus diharapkan menjadi mesin gol Wong Kito dan mengulang kejayaan di Liga Indonesia 2007 meskipun usianya sudah tidak muda lagi.

Aku pikir, Gumbs adalah pemain terbaik di Liga Indonesia saat ini. Bukan hanya soal skill yang di atas rata-rata tapi juga sikapnya yang menjadi panutan rekan-rekannya serta disegani lawannya. Memang, tidak ada yang sempurna. Gumbs cukup sering gagal mengeksekusi pinalti dan  musim ini mendapat kartu merah saat melawan Persija Jakarta di Stadion Jakabaring Palembang. Semoga Gumbs bisa terus konsisten sampai akhir musim dan menjadi juara bersama timnya.

———

Admin sering bertemu Gumbs bersama keluarga di salah satu mall di Kota Palembang. Admin pengen foto-foto atau menegur duluan, tapi admin males. Admin orang yang sok cool..hehe

Foto-foto selebrasi Keith Kayamba Gumbs (Insyaallah akan diupdate nanti)

3 pemikiran pada “Keith Kayamba Gumbs

  1. Nama saya hadi orang kalteng .saya senang sekali liat seleberasi keith kayamba dan saya pun serink memakai seleberasi gumbs di school

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s