Warna Indonesia

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Kayuagung, 14 November 2011

Ada yang menarik di Tim Nasional Sepak Bola Indonesia yang berlaga di Sea Games XXVI 2011, pemain yang berasal dari Papua menjadi andalan bagi tim ini dan hampir selalu dimainkan di setiap pertandingan timnas. Okto Maniani, Stevie Bonsapia, Lucas Mandowen, Patrich Wanggai, dan Titus Bonai adalah putra Papua yang menjadi andalan timnas. Bahkan dua nama terakhir adalah pemain andalan Indonesia yang selalu mencetak gol sampai pertandingan ketiga Indonesia saat melawan Thailand.

Memang dari dulu, tanah Papua selalu menghadirkan pemain berkelas bagi negeri ini. Rocky Putiray, Eduard Ivakdalam, dan Boaz Salossa adalah sedikit nama putra Papua yang telah sukses berprestasi di persepakbolaan nasional.

Papua, wilayah paling timur Indonesia ini tidak hanya terkenal dengan bakat alam putra-putrinya yang menjadi atlet andalan Indonesia. Namun juga kekayaan alamnya yang luar biasa menjadi keunggulan Papua. Tidak salah jika Papua dijuluki mutiara dari timur.

Namun, yang kita lihat belakangan ini adalah sebuah keprihatinan. Ancaman disintegrasi sangat kuat menghampiri salah satu pulau terbesar Indonesia ini. Banyak isu yang bisa menjadi “bom waktu” seperti masalah kesejahteraan dan kesenjangan masyarakat yang cukup jauh dibandingkan dengan wilayah lain, terutama mereka yang berada di barat Indonesia.

Kita harus menjaga Papua agar tetap berada di bawah NKRI. Papua adalah salah satu warna Indonesia, salah satu keberagaman yang menjadikan negeri ini makin kaya. Bahkan, untuk menyatukan Papua (yang ketika itu bernama Irian) ke dalam NKRI, Presiden Soekarno sampai menggelar Operasi Trikora yang bersejarah dalam catatan perjalanan NKRI.

Tanah Papua harus dijaga agar selalu berada di dalam wilayah NKRI. Agar nyanyian Dari Sabang sampai Merauke tidak menjadi nyanyian yang dikenang sebagai sejarah. Singkirkan semua yang dapat menyebabkan perpecahan NKRI dan tegaslah kepada pihak asing yang ingin merusak kesatuan NKRI dengan berbagai dalih apapun yang dibuat-buat dan dipaksakan.

Papua atau sejengkal tanah pun di dalam negeri ini harus kita jaga. NKRI harga mati dan terkutuklah kalian para pihak asing yang ikut campur urusan dalam negeri kami dan ingin negeri ini terpecah belah.

Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s