Pahlawan

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang…

Kayuagung, 10 November 2011

Tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan yang dilakukan untuk mengenang peristiwa heroik warga Surabaya mengusir pasukan sekutu Belanda. Memang, negeri ini tidak seperti Inggris yang begitu antusias setiap mengenang Remembrance Day atau peringatan untuk korban perang dunia I pada 1918 silam. Padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. Belum lagi jika kita melihat kehidupan para veteran perang kita. Ironi….

Tapi, tetap ada sisi positif dari Hari Pahlawan tersebut. Paling tidak jika kita ambil hikmah untuk diri kita sendiri. Bagaimana kita berjuang dan menjadi pahlawan bagi diri sendiri atau keluarga kita untuk masa depan yang lebih baik. Seorang ayah banting tulang, peras keringat untuk mencari nafkah keluarganya. Dia adalah pahlawan bagi keluarganya. Seorang pemuda yang terus menerus belajar dan bekerja keras demi masa depan adalah pahlawan bagi dirinya, keluarga, dan orang tuanya.

Tinggal bagaimana kita memaknai hari pahlawan ini dengan sebaik-baiknya. Setiap orang adalah pahlawan. Setiap orang adalah pejuang. Mereka yang sungguh-sungguh berjuang dengan tujuan yang baik jika berhasil, maka akan berbuah sebuah prestasi yang luar biasa. Jika gagal dan gugur, maka dia tidak hanya dikenang tapi juga gugurnya dinilai sebagai seorang syuhada. Ah, enak sekali menjadi pejuang, menjadi pahlawan.

Selamat memaknai Hari Pahlawan untuk esok yang lebih baik.

Berprestasi di tengah keterbatasan adalah salah satu bentuk kepahlawanan yang lain. (M. Anis Matta)

2 pemikiran pada “Pahlawan

  1. A world without heroes, Is like a world without sun (KISS)

    Fokuskan pada memperbaiki diri kito dit, ambo punyo keyakinan kalo rombongan kito ko bakal jadi pemimpin kelak. Semoga jadi pemimpin yang istiqomah.
    Allahuakbar…!!

  2. Insyaallah mat… saling mengingatkan dalam kebaikan yo.. dan terus memperbaiki diri🙂
    Kito saling doakan jugo…
    Semoga harapan dan doa kito diijabah. Aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s