Keunikan Bulan Ramadhan di Indonesia

Ramadhan datang lagi. Dan di setiap Ramadhan di Indonesia terdapat keunikan tersendiri yang sering kita saksikan. Berikut keunikan tersebut:

1. Masjid Penuh Sesak di 10 hari pertama Bulan Ramadhan.
Ini adalah pemandangan yang sangat gampang kita temukan di masjid manapun di Indonesia. Dan di
akhir bulan Ramadhan (terutama 1 minggu terakhir), masjid-masjid menjadi sepi senyap. Padahal, bonus
terbesar bulan Ramadhan (lailatul Qadr) ada pada akhir bulan Ramadhan.

2. Tayangan Televisi dengan nuansa Islam
Nonton aja deh tiap sahur atau menjelang buka puasa, banyak acara televisi mulai dari kuis sampai
sinetron dengan nuansa Islam. Mungkin, stasiun televisi mendapat banyak rejeki dari program-
program tersebut dan esensi untuk masyarakat sangat kurang dirasakan.

3. Pasar Kaget Dimana-mana
Kalau yang satu ini, ada sisi positif yang bisa kita ambil. Selain bisa memenuhi selera kita untuk makan
sahur atau buka puasa, pasar kaget juga bisa membuat perputaran perekonomian masyarakat jadi
bergairah. Tapi, kemacetan juga disebabkan oleh pasar kaget lho..🙂

4. Buku Kegiatan Bulan Ramadhan
Untuk adek-adek yang masih SMP dan SD, pasti ada buku tugas kegiatan bulan Ramadhan dari Guru
Pelajaran Agama Islam. Bagus sih, untuk merangsang adek-adek dateng ke Masjid dan beribadah.
Tapi, niat dateng ke Masjid jangan karena buku ini ya.. (Jadi inget waktu SD..hehe, dan biasanya
gara-gara buku ini, banyak ustad yang jadi selebritis. Tanda tangannya dimintain terus..hehehe)

5. Petasan dan Kembang Api yang menjamur
Dah pemandangan umum, tiap Ramadhan banyak yang maen kembang api dan petasan. Main peta-
san jelas mengganggu banget….

6. Asmara Subuh
Ini dia yang paling menarik. Tiap subuh di bulan Ramadhan, di beberapa titik di berbagai kota, pasti
kita temui muda-mudi yang berkumpul rame-rame selepas sholat subuh di masjid (ga ngerti deh sholat
beneran atau ga). Alasannya mau olahraga atau lari pagi.. Tapi banyak juga yang memanfaatkan
moment ini untuk pacaran atau mencari pasangan…hohohoho..

Cuma ini aja yang bisa saya ungkapkan. Saya hanya ingin berbagi.. Silahkan kalau ada tambahan atau ada yang mau komplain??? Silahkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s