The Invisible Hand….

Sedih rasanya jika melihat siaran berita di beberapa televisi nasional dalam beberapa hari terakhir. Kita selalu disajikan berbagai berita kekerasan yang melanda negeri ini. Dan yang paling sering diberitakan saat ini adalah kekerasan yang terjadi atas nama agama. Isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) menjadi topik hangat yang selalu diberitakan.

Dengan terus diberitakannya kekerasan bernuansa agama tersebut, otomatis membuat isu-isu atau berita mengenai permasalahan bangsa lainnya sedikit terlupakan. Bayangkan saja, jika satu televisi memiliki tiga program berita (belum termasuk berita singkat setiap jamnya) dan setiap program tersebut fokus terhadap berita kekerasan bernuansa agama, maka permasalahan lain akan terabaikan saat dikonsumsi oleh masyarakat.

Saya menyangsikan jika kekerasan bernuansa agama yang terjadi belakangan ini memang terjadi spontan begitu saja saat muncul perbedaan antara kedua belah pihak. Dengan kata lain, saya yakin ada pihak yang menjadi tangan-tangan gaib atau The Invisible Hand dalam merencanakan dan menjadi sutradara kekerasan tersebut. Karena kekerasan itu seperti sengaja dibiarkan begitu saja dan terus-menerus terjadi. Peristiwa Cikeusik, Temanggung, dan Pasuruan bukan hal pertama yang terjadi di Indonesia. Peristiwa serupa pernah (dan sering) terjadi di Indonesia dalam satu dekade terakhir.

Ketika negara ini sedang dilanda berbagai masalah hukum yang tidak mungkin membawa nama para pesohor dan penguasa negeri ini, pengalihan isu dari masalah hukum tersebut sengaja dilakukan untuk mengalihkan perhatian masyarakat. Setelah isu terorisme yang terus digulirkan sebagai pengalihan isu dianggap sudah kurang laku dijual, maka sekarang, produk baru dari mereka yang berkuasa adalah kekerasan berlatar belakang agama.

Lebih jauh saya berpikir peristiwa-peristiwa tersebut adalah semacam konspirasi untuk menjatuhkan pihak tertentu yang saat ini dianggap menjadi ancaman serius bagi penguasa. Karena berdasarkan pengertian teori konspirasi (conspiracy theory) diambil dari website Wikipedia, konspirasi adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh.

Dalam bahasa yang sederhana, teori konspirasi adalah sesuatu yang dilakukan dalam keseharian untuk meneguhkan kedudukan suatu pihak yang berkuasa dengan merencanakan suatu peristiwa yang memojokkan atau merugikan pihak lain. Dan pihak yang dianggap tepat untuk dirugikan akhir-akhir ini adalah kelompok atau pihak adalah mereka yang berafiliasi kepada Islam. Mungkin saja karena Islam adalah mayoritas di negara ini dan sangat mudah untuk jadikan masalah atau karena “pesanan” asing yang khawatir dengan perkembangan Islam, wallhualam bishawab, yang jelas, suatu saat kebenaran akan menampakkan wujudnya.

4 pemikiran pada “The Invisible Hand….

  1. iya kak, sedih sebenernya sama berita-berita akhir-akhir ini, tapi kemungkinan conspiracy theory ini bener juga,,semua berita kita hampir berpola, undone, unfinish, karena udah sibuk ngberitain yg lain,,
    tapi yg lebih sedih, sekarang masalah-masalah itu muncul bawa nama2 agama, suku, ras, which is very sensitive,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s