Penggunaan Uang Kertas Dalam Sistem Perbankan Syariah

Industri perbankan syariah pada hari ini telah berusia 16 tahun dihitung sejak salah satu bank syariah di Indonesia pertama kali berdiri. Seiring dengan berjalan waktu tersebut, banyak sekali harapan yang diberikan masyarakat kepada bank syariah disamping masih banyak juga masyarakat yang skeptis dengan berdirinya bank syariah. Salah satu harapan yang muncul adalah bank syariah bisa benar-benar melaksanakan teknis operasionalnya sesuai dengan nilai syariah Islam yang melekat di dalam nama bank syariah itu sendiri.

Pertanyaan yang sering muncul kepada bank syariah sebagai kristalisasi harapan masyarakat terhadap lembaga tersebut adalah kenapa sampai pada saat bank syariah masih begitu akrab dengan penggunaan uang kertas dalam setiap transaksinya dan tidak terlalu familiar dengan penggunaan mata uang dinar dirham yang dianggap pasangan paling cocok untuk sistem perbankan syariah.

Menyikapi pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu kita sikapi secara cerdas. Pertama yang harus kita sikapi adalah usia dan perkembangan bank syariah di Indonesia. Usia 16 tahun jika dilihat memang usia yang lama. Dalam kurun waktu tersebut, dirasakan masih ada beberapa hal yang masih perlu dibangun lebih baik lagi. Saat ini bank syariah di Indonesia masih dalam proses membangun sistem perbankan syariah yang ideal karena sebagai industri yang masih berada dalam tahap infant industry, perbankan syariah memang belum sepenuhnya ideal 100 persen, baik dari sisi praktik maupun kesesuaian syariahnya (shariah compliance). Namun demikian, keberadaan Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) di setiap bank syariah, Insya Allah mampu menciptakan kondisi kesesuaian syariah yang lebih baik.

Kedua, mengenai uang kertas atau fiat money, jika penggunaannya pada saat ini ingin digantikan oleh sistem uang lain, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah perubahan undang-undang dan regulasi pendukung lainnya serta konstelasi global. Hal ini penting karena Indonesia tidak bisa lepas dari komunitas internasional. Dan Indonesia belum berada pada posisi yang sanggup “mempengaruhi” dunia sepenuhnya. Bukan suatu perkara yang mudah untuk merubah semua itu sebelum perekonomian kita benar-benar kuat.

Sebagai solusi awal dari apa yang terjadi saat ini, kita bisa memperkuat dan memperbesar aset perbankan syariah. Implikasinya akan sangat positif terhadap perekonomian. Selain itu, kita dorong para pengambil kebijakan di Indonesia un tuk lebih pro kepada bank syariah, demi kemaslahatan perekonomian yang lebih besar. Terakhir, perlunya kampanye yang lebih intensif agar masyarakat mau menabung dan menggunakan produk perbankan syariah. Wallahualam bishawab.

Adietya Muhlizar
Ketua FoSSEI Komisariat Sumsel 2008-2009
Diambil dari tulisan Dr. Irfan Syauqi Beik di http://www.republika.co.id dengan sedikit perubahan.

4 pemikiran pada “Penggunaan Uang Kertas Dalam Sistem Perbankan Syariah

  1. adiiiit ane kaga ngarti masalah perbankan ataupun syariah. tapi dari perspektif saya sebagai orang awam, 16 tahun itu masih “muda”. Ibaratnya manusia, masih ABG, masih mencari-cari jati diri untuk jadi lebih baik. “Pejuang” perbankan syariah semacam dirimulah yang dibutuhkan. Betul tidak? Semangat kerja di bank yang pertama murni syariah di Indonesia itu yaaa! (hehe ambo hapal dong slogannyo)

  2. Makasih Mbak Karin atas kunjungannya… Ya, usia 16 tahun memang masih muda tapi di usia yang masih muda, sudah banyak beban, harapan dan amanah yang harus dipenuhi.. Industri ini juga perlu dulkungan riil dari masyarakat utk aktif berkontribusi terhadap bank syariah. Mohon doanya.. Slogannya Pertama Murni Syariah😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s