Kenapa Mekah?

Bukan rahasia lagi jika Amerika Serikat sering mempertunjukkan kehebatan persenjataan dan dunia intelijen mereka dalam sebuah film. Terutama dalam film yang berbau militer atau peperangan. Setiap kecanggihan peralatan perang, sistem komputerisasi, sampai kehandalan intelijen selalu disajikan dan menjadi menu utama hampir di setiap film mereka.

Bukan hanya itu, pihak-pihak atau negara yang selama ini dianggap kurang bersahabat dengan negeri Paman sam juga akan selalu hadir dalam film mereka dan ditampilkan sebagai pihak yang kurang baik, tidak bersahabat, dipandang sebagai pihak teroris bahkan dijadikan sebagai pihak yang akan dimusnahkan.

Film terbaru yang menampilkan kecanggihan dan kehebatan intelijen Amerika adalah film yang berjudul SALT. Film yang berceritakan Evelyn Salt (Angelina Jolie), seorang agen CIA (Central Intelligence Agency) ini tetap menampilkan keunggulan intelijen Amerika dibanding pihak lain. Tidak sebatas itu saja, film ini juga sedikit menampilkan suasana pengamanan Presiden Amerika Serikat di Gedung Putih sampai diamankan di ruang bawah tanah yang super canggih. Walau mungkin bukan suasana pengamanan yang sesungguhnya, tapi pasti membuat siapa saja terperangah akan kecanggihan pengamanan Gedung Putih.

Di salah satu adegan film tersebut ditampilkan bahwa Amerika punya salah satu senjata canggih yang saat ini sedang menjadi pembicaraan masyarakat dunia, senjata nuklir. Di adegan tersebut juga diperlihatkan bagaimana senjata nuklir akan diluncurkan. Beberapa tempat akan jadi sasaran tembak nuklir tersebut. Sampai pada akhirnya, Agen Ted, seorang agen CIA yang berkhianat dan sebelumnya melumpuhkan Presiden AS dalam film SALT mengunci Kota Mekah sebagai sasaran tembaknya.

Memang, dalam film tersebut, senjata nuklir tidak jadi menghantam Kota Mekah. Tapi, sejak adegan tersebut bahkan setelah film selesai ada satu pertanyaan yang terus keluar dari benak saya, kenapa Mekah? Ya, kenapa Mekah yang dikunci sebagai sasaran tembak? Mekah yang menjadi kota Suci Umat Islam dijadikan sasaran nuklir walau hanya dalam sebuah film dan apakah itu pantas? Padahal jelas, posisi Mekah adalah kota suci utama umat Islam, dimana kiblat mengarah kesana dan Ka’bah terletak.

Saya sempat berpikir, mungkin ini hanya kebetulan saja si sutradara ingin Mekah ditampilkan. Tapi itu belum membuat saya tenang. Lalu saya berpikir, apakah ini salah satu bentuk sensitifitas negatif dunia barat dengan Islam? Apakah fobia Islam di dunia barat masih begitu kuat? Apakah adegan tersebut adalah propaganda untuk dunia Islam? Atau apakah adegan tersebut hanya untuk mempertinggi rating filmnya? Sampai detik ini saya masih terus bertanya, kenapa adegan tersebut menampilkan Mekah yang dikunci sebagai sasaran nuklir? Walau hanya dalam film, muncul pertanyaan selanjutnya, apa ada yang salah dengan Mekah? Ada yang salah dengan umat Islam?

Ya, kenapa Mekah?

9 pemikiran pada “Kenapa Mekah?

  1. Spoiler tu artinya membocorkan cerito filmnyo ke orang yang belum nonton.

    anyway, kalo menurut ambo sih, kalo berdasarkan film yo, justru karena Mekah itu kiblat umat Islam, makonyo di situ Mekah yang jadi sasaran. karena seperti yang kita semua ketahui bersama, bahwa sejak runtuhnya WTC pada 11 September 2001, AS yang dipimpin oleh Bush jadi sangat sensitif dengan yang namanya Muslim sehingga bahkan muncul stigma Muslim = teroris. Dan itu bukan barang baru lagi kan?

    kalo kau memperhatikan, si agen Ted itu (yang aslinya bukan berpihak pada AS, tapi pada Rusia) mengunci Mekah sebagai target serangan karena tau itu bakal berhasil untuk mengadu domba. bikin dunia Islam marah, dan orang bakal percayo kalo yang nyerang itu emang bener2 AS (dan bukan Rusia) karena emang ado stigma Islam = teroris itu tadi. dan itu sangat efektif untuk ngancurin AS yang sejak jaman Obama pengen lebih merangkul dunia Islam dan pengen ngebuktiin kalo dia tidak se-judgemental Bush yang sensitif dengan Islam.

    jadi, yo, masih berdasarkan film tadi yo, kalo emang tujuannyo buat bikin perang, dan ngancurin AS sebagai musuh utama Rusia, emang lebih efektif nyerang Mekah daripada negara lain, Indonesia misalnyo. karena seperti yang ente bilang, Mekah itu kiblat, Mekah itu kota suci, Mekah itu tujuan semua umat Islam yang pengen menyempurnakan rukun agamanya. dll…

    jadi kenapa Mekah? karena Mekah seistimewa itu.

  2. Takkan Sanggup Nuklir Itu, menghantam mekkah! nuklir akan kembali ke USA dengan sendirinya dan akan menghancurkan USA itu!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s