Call For Papers Bank Indonesia: Forum Riset Perbankan Syariah

Call for Papers BANK INDONESIA

Forum Riset Perbankan Syariah

“Menuju Terwujudnya Sistem Perbankan Syariah yang Sehat,

Kuat dan Konsisten dengan Prinsip Syariah”

Universitas Sriwijaya, Palembang – 22 Juli 2010

Forum Riset Perbankan Syariah merupakan inisiatif bersama Bank Indonesia dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), bertujuan untuk mendorong minat akademisi, peneliti dan masyarakat secara umum melakukan riset perbankan dan keuangan syariah. Pengembangan perbankan syariah nasional sangat membutuhkan inovasi, gagasan dan pemikiran baru yang aplikatif. Forum reguler ini diharapkan menjadi sarana untuk membangkitkan minat penelitian aplikatif berbagai kalangan, menjadi forum apresiasi bagi peneliti dan akademisi, serta media pertukaran ide dan menguji konsepsi pemikiran untuk diterapkan dalam rangka memajukan perbankan syariah nasional.

Paper akan diseleksi panel juri dari BI, MES dan IAEI. Penulis dari 5 (lima) paper terbaik akan diundang presentasi pada Forum Riset Perbankan Syariah dengan pembahas dari praktisi dan akademisi senior; yang akan dilaksanakan di Universitas Sriwijaya, Palembang tanggal 22 Juli 2010. Kelima penulis paper terbaik diberikan penghargaan finansial dan sertifikat. Sedangkan paper-paper lain yang memenuhi kualifikasi akan diterbitkan dalam publikasi yang akan diterbitkan oleh BI, MES dan IAEI.

Tema dan Topik Paper

Tema Forum Riset Perbankan Syariah periode ini sebagaimana tertulis diatas disesuaikan dengan misi pengembangan perbankan syariah nasional. Sejalan dengan tema utama tersebut, judul-judul paper yang dikompetisikan mencakup area topik sebagai berikut:

1. Inovasi produk perbankan syariah yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan masyarakat: termasuk topik yang terkait dengan optimalisasi dana sosial melalui bank syariah sebagai penggerak sektor riil untuk pengentasan kemiskinan.
2. Mengatasi tantangan kebutuhan human capital industri perbankan syariah: termasuk pengembangan sistem pendidikan dan pelatihan yang mendukung pertumbuhan industri secara berkesinambungan.
3. Strategi promosi dan edukasi masyarakat dalam rangka perluasan pasar dan akselerasi pertumbuhan perbankan syariah.
4. Sharia Governance dalam rangka menjaga kepatuhan industri terhadap prinsip dan norma syariah dan meningkatkan kemaslahatan perbankan bagi perekonomian.

Ketentuan Paper

1. Tulisan sesuai dengan ruang lingkup yang telah ditentukan dengan menggunakan format dan kaidah penulisan ilmiah yang lazim dan dengan elaborasi sumber-sumber pustaka yang memadai.
2. Ditulis dalam kertas ukuran A4, 1,5 spasi, font 12 Times New Roman dan minimal 20 halaman (tidak termasuk tabel atau grafik dan daftar pustaka).
3. Judul bebas sepanjang mengacu pada tema yang telah ditentukan
4. Naskah asli, bukan saduran/terjemahan, dan merupakan hasil pemikiran penulis sendiri yang belum pernah dipublikasikan di media massa dan ditulis dengan bahasa Indonesia.
5. Paper harus disertai dengan biodata penulis, lengkap dengan alamat, telepon, rekening bank dan e-mail yang dapat dihubungi. Diharuskan untuk menulis biodata dalam bentuk CV (curriculum vitae) lengkap
6. Peserta terbuka untuk peneliti dan akademisi dari lembaga pendidikan, penelitian atau konsultan dan bersifat perorangan (bukan kelompok).
7. Paper dikirimkan dalam bentuk softcopy (file pdf dan MS word) ke email: farizal@ekonomisyar iah.org dan di-cc ke a_sakti@bi.go. id dan dalam bentuk hardcopy sebanyak 2 (dua) eksemplar, beserta CV (terlampir) dalam 1 amplop tertutup ke alamat: Kantor Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, Jln Setiabudi Tengah No. 29 Setiabudi Kuningan, Jakarta 12910 paling lambat tanggal 25 Juni 2010.

TOTAL HADIAH Rp. 45 Juta

Informasi call for paper: Giska (085691101401) , Ali Reza (08561197325)

Pendaftaran Peserta Forum Riset: Adiet (085664900793)

Organized By:

– Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia

– Universitas Sriwijaya

– Masyarakat Ekonomi Syariah

– Ikatan Ahli Ekonomi Islam

– Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam

– ICOST FE UNSRI

2 pemikiran pada “Call For Papers Bank Indonesia: Forum Riset Perbankan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s