Mengingat Sekilas: Bunga, Penyebab Krisis Moneter 1997

Seorang bijak mengatakan, sejarah bukanlah sesuatu yang hanya mengingat atau mengenang kejayaan di masa lalu. Tapi sejarah adalah suatu alat yang dijadikan sebagai pijakan awal untukmeraih masa depan yang lebih baik. Dalam kesempatan ini, secara singkat kita akan sedikit kembali pada cerita masa lalu, ketika Indonesia dilanda krisis moneter pada tahun 1997.

Krisis moneter (lebih populer dengan sebutan krismon) yang melanda Indonesia pada tahun 1997, bermula dari gencarnya pihak perbankan meningkatkan suku bunga tabungan kepada nasabah sampai sebesar 70 % untuk menarik perhatian masyarakat menjadi nasabah. Pada saat yang bersamaan, pihak perbankan tidak berani untuk memberikan suku bunga pinjaman kepada nasabah sebesar suku bunga tabungan yang diberikan. Suku bunga pinjaman yang diberikan bank kepada nasabah paling tinggi hanya 33%.

Keadaan tersebut menimbulkan seuatu keadaan yang kurang menguntungkan bagi pihak bank. Terjadilah negative spread atau selisih negatif karena suku bunga tabungan lebih besar dari suku bunga pinjaman. Akibatnya, bank mengalami kesulitan likuiditas. Kondisi ini berdampak pada keadaan perekonomian Indonesia yang memburuk. Terlebih Indonesia saat itu mendapat pinjaman dana dari sebuah oraganisasi keuangan dunia yang mewajibkan Indonesia mengembalikan pinjaman yang diberikan dengan tambahan berupa bunga pinjaman.

Semoga cerita kelam hancurnya perekonomian Indonesia pada krisis moneter tahun 1997 tidak terulang. Indonesia Bisa Tanpa Riba…

Satu pemikiran pada “Mengingat Sekilas: Bunga, Penyebab Krisis Moneter 1997

  1. Ayoooo,dukung nasionalisasi PTFreepooooort,dan sita harta Suhartooooooo,yg telah mengkhianati UUD45/33/3,dg memberikan kekayaan alam Indonesia kepada imperialis Amerika, lewat kontrak karyaaaaaaaaaaaa PTFreepoooooooooort.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s