Lakukan Pekerjaan Besar

“Sesungguhnya keberanian tidak akan mempercepat ajal, karena ajal sudah ditentukan. Sesungguhnya sikap pengecut tidak akan memperlambat , karena ajal sudah ditentukan.” (Sayyid Quthub)

Sebelum melakukan “pekerjaan besar” maka perlu rencana besar. rencana besar disusun oleh pikiran besar orang-orang yang berjiwa besar. Apabila seseorang berjiwa besar maka raganya akan tenang melayaninya, meski kelelahan akrab menghampirinya.

kekuatan itu ada di dalam jiwa. Jiwa yang besar, cita-cita yang tinggi, tekad yang kuat akan mampu mengguncangkan gunung.  Seperti Ibnu Mas’ud yang bertubuh kurus kecil dan pendek hingga tinggi badannya tidak beda dengan orang-orang yang duduk tetapi dia berjiwa besar. Kedua betisnya kecil dan kempis, yang tampak saat memanjat dan memetik dahan pohon arak untuk digunakan bersiwak Nabi. Para sahabat pun menertawakannya melihat kedua betisnya itu. Maka Rasullah SAW bersabda, “Tuan-tuan menertawakan betis Ibnu Mas’ud? Keduanya di sisi Allah lebih berat timbangannya daripada Gunung Uhud.”

Orang-orang biasa tapi memiliki jiwa luar biasa selalu berpikir untuk melakukan “pekerjaan besar”. Dia tidak sempat meyibukkan diri dalam perkara remeh yang bisa melenakannya. Menjauhi pekerjaan hina yang bisa mencemarkannya. Menghindari kemaskiatan yang berdampak membuat kusut hatinya.

Zaid Bin Tsabit mengkodisifikasikan Al Quran dalam sebuah mushaf atas usulan Umar di masa Khilafah Abu Bakar. Sebuah pekerjaan besar yang kata Zaid masih lebih ringan memindahkan dua buah dibandingkan beratnya amanah untuk menyelamatkan kitabullah.

Ali Bin Abi Thalib menasehatkan, “Dosa terbesar adalah ketakutan, Rekreasi terbaik adalah bekerja, Musibah terbesar adalah keputusasaan, Keberanian terbesar adalah kesabaran, Guru terbaik adalah pengalaman, Misteri terbesar adalah kematian, Kehormatan terbesar adalah kesetiaan, Karunia terbesar adalah anak saleh, Sumbangan terbesar adalah berpartisipasi, dan Modal terbesar adalah Kemandirian.”

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Dikutip dari Zero to Hero (Penulis: Solikhin Abu Izzudin)

2 pemikiran pada “Lakukan Pekerjaan Besar

  1. Hmmm, tulisan yang menarik. Terima kasih telah berbagi, karena jujur saja saya merasa jarang ada yang menuliskannya dalam perspektif seperti ini. Kesuksesan memang harus dimulai dari dalam, serta dilakukan dengan penuh komitmen.

    Saya pikir kita memang perlu saling mengingatkan satu sama lain tentang teori dan proses pengembangan diri. Dan sebagai referensi silang, Anda juga pasti bisa menemukan cerminan lainnya dalam tulisan saya yang berjudul Racun Pengembangan Diri. Sekedar untuk semakin menambah wawasan saja, semoga bisa membantu.

    Salam kenal, sobat, senang bertemu dengan sahabat baru yang juga memiliki semangat untuk menginspirasi orang lain.

    Lex dePraxis
    Unlocked!

  2. Terima kasih atas tanggapan Anda, saya senang bisa membantu siapa saja, paling tidak bisa membuat orang lain tersenyum. Dan memang, sudah kewajiban kita untuk membantu sesama.

    Salam kenal sahabat, tetaplah menghasilkan karya terbaik yang bermanfaat untuk siapa saja🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s