Bunga

Senin pagi, 2 Maret 2009 di awal bulan dengan panas yang sangat terik aku berjalan dengan langkah gontai memasuki salah satu ruang kelas di fakultas ekonomi. Menjalankan aktivitas harian demi masa depan yang lebih baik.

Mengikuti mata kuliah Manajemen Perbankan yang sudah aku tanamkan dalam hati untuk mendapat nilai A di semester ini. Baru 5 menit berjalan, aku sudah disuruh ke depan menuliskan formulasi Cash of Fund (COF) sesuai dengan tugas yang diberikan seminggu sebelumnya. Dengan gagah aku menuliskan di papan tulis COF = Beban Bunga / 100 % – cadangan wajib. Setelah menghitung hasil formulasi terrsebut, aku duduk kembali di tempat semula. Tak ada yang salah, semuanya biasa saja.

Menit demi menit berlalu sampai datang saat itu. Aku sadar kalau hari ini kami belajar bagaimana Bank menghitung dan memberikan bunga kepada nasabahnya. Setiap mahasiswa diberi kesempatan menuliskan di depan kelas bagaimana bank menhitung bunga secara bulanan bahkan harian. Semuanya diberi kesempatan untuk menjadi penghitung bunga bank.

Aku tersentak dan tersadar. Ada yang salah di kelas saat itu. Ya, ada yang salah dengan bungabank. Bunga bank adalah riba yang di Al Quran telah dilarang (seperti di Al Baqarah 275-278). Bahkan hadits nabi pun ada yang mengatakan riba yang paling ringan dosanya bagaikan menzinahi ibu kandung sendiri. Na’udzubillah… Dan pagi ini kami telah diajarkan berbuat dosa.

Lantas, siapa yang salah? Apakah aku? Karena telah terlibat dikubangan lumpur riba ini? Atau sistem perekonomian kita? Atau juga kurikulum pendidikan kita yang masih mengajarkan ekonomi kapitalis dan ribawi? Mengapa riba masih sering diajarkan di setiap sekolah dan perguruan tinggi, menghiasi pengetahuan pelajar dan mahasiswa?

Ternyata bunga bank tak seindah bunga mawar yang harum, tak secantik Bunga Citra Lestari.

Ya Allah, maafkanlah aku…

3 pemikiran pada “Bunga

  1. susah juga sih ya..kalo mau ekstrim juga ntar kita yg repot sendiri..kudu bareng-bareng tapi ndak bisa seketika..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s