Tuan Rumah Piala Dunia????

Berita menghebohkan datang dari PSSI. Baru-baru ini, PSSI resmi melaksanakn launching pengajuan diri sebagai tuan rumah FIFA World Cup 2022.

Di tengah kondisi kompetisi nasional dan infrastukturnya yang bisa dikatakan masih belum terlalu kondusif, PSSI ‘nekat’ mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Banyak pendapat yang muncul ini hanya akal-akalan PSSI untuk mengalihkan isu dari berbagai permasalahan PSSI saat ini. Dan juga sebagian pendapat menilai, dalam hal ini PSSI benar-benar serius dan juga sebagai salah satu cara agar Indonesia bisa unjuk gigi di dunia internasional.

Tantangan yang dihadapi saat ini tentu saja masalah infrastuktur. Agar dapat menjadi tuan rumah piala dunia, sebuah negara paling tidak memiliki 10 stadion berkapasitas minimal 40.000 penonton dengan standar internasional. Jika kita lihat keadaan sekarang, Indonesia hanya memiliki Gelora Bung Karno, Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Jalak Harupat (Soreang, Bandung), dan Stadion PON 2008 di Kalimantan Timur yang memenuhi kualifikasi tersebut. Belum lagi masalah restu pemerintah, DPR, dan tentu saja saingan Indonesia seperti Portugal dan Spanyol yang punya prestasi sepak bola lebih mentereng dibanding Indonesia.

Namun, tidak ada salahnya bermimpi kita menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Jika mengutip perkataan Menpora Adhiyaksa Dault dan Ketum PSSI Nurdin Halid, tidak sepantasnya kita harus pesimis. “Jika bermimpi saja tidak boleh, mau jadi apa bangsa ini. Mexico dan Brazil yang kondisi ekonominya sama bahkan tidak lebih baik dari Indonesia bisa menjadi tuan rumah piala dunia.” Kira-kira seperti itulah yang disampaikan kedua tokoh tersebut.

Saya pikir, tidak masalah kita bermimpi seperti ini asalkan memang ada komitmen yang besar dan serius untuk mewujudkan mimpi tersebut jadi kenyataan dan bukan hanya menjadi mimpi-mimpi kosong. Bukankah keberhasilan itu diawali dari mimpi?

Bagaimana pendapat Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s