Pesona Wisata Kota Bengkulu (Bagian 1): Pantai Tapak Paderi

 

tepi Pantai Tapak Paderi
tepi Pantai Tapak Paderi

Propinsi Bengkulu berada di Propinsi yang sebelah baratnya berbatasan dengan Samudera Indonesia. Ini berarti, beberapa tempat di Propinsi Bengkulu memiliki garis pantai yang sangat berpotensi menjadi objek wisata unggulan. Dan sebagai penduduk yang baik, maka saya akan mencoba mempromosikan beberapa objek wisata di Kota Bengkulu. Dan untuk episode kali ini, saya akan mengenalkan Pantai Tapak Paderi sebagai salah satu tempat wisata di Kota Bengkulu.

Salah satu view Pantai Tapak Paderi dari Benteng Marlborough
Salah satu view Pantai Tapak Paderi dari Benteng Marlborough

Pantai Tapak Paderi dapat ditempuh kurang lebih hanya 10 menit dari pusat Kota Bengkulu. Pantai ini berada di antara Pantai Panjang dan Pantai Zakat Kota Bengkulu dan bisa terhubung langsung dengan kedua pantai tersebut baik melalui jalur laut, darat, dan udara.

Sejak zaman pendudukan Inggris di nusantara, di daerah sekitar Pantai Tapaderi dijadikan daerah pusat kota di Bengkulu pada saat itu. Di pinggir pantai ini juga, Pemerintah Inggris pada zaman pendudukan membangun sebuah benteng pertahanan dan juga pusat pemerintahan yang dinamakan Benteng Marlborough atas instruksi Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffless. Di pantai ini juga, terdapat China Town atau Kampung Cina yang merefleksikan kehidupan pada zaman pendudukan dahulu dan merupakan daerah pusat kota pada waktu itu. 

Sekitar tahun 2006, Pantai Tapak Paderi mengalami renovasi yang cukup besar. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan keinginan Gubernur Bengkulu, Agusrin M. Najamuddin untuk menjadikan objek-objek wisata Bengkulu menjadi Objek wisata internasional. Selain penting bagi pariwisata Kota Bengkulu, pantai ini juga merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat pesisir di Kota Bengkulu karena terdapat puluhan bahkan ratusan kepala keluarga yang memiliki mata pencarian sebagai nelayan.

Pantai Tapak Paderi memiliki pesona alam yang luar bisa, terutama pada saat matahari terbenam. Anda dapat menikmati suasana sunset yang romantis sambil menikmati jajanan jagung bakar. Anda juga dapat menikmati pemandangan di sekitar pantai dari tengah danau buatan yang terletak di pinggir pantai dengan menggunakan perahu yang berbentuk hewan seperti bebek dan singa laut.

Danau Buatan Pantai tapak Paderi
Danau Buatan Pantai tapak Paderi

Kelebihan Pantai Tapak Paderi Bengkulu:

1. Memiliki panorama alam yang luar biasa

2. Merupakan objek wisata yang penuh dengan sejarah masa lalu karena di daerah pantai ini memiliki banyak cerita masa penjajahan terutama masa penjajahan Inggris.

3. Terletak tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu.

4. Berada di lokasi yang strategis baik dari jalur darat maupun laut serta terhubung langsung dengan Pantai Panjang dan Pantai Zakat Bengkulu.

Kekurangan Pantai Tapak Paderi Bengkulu:

1. Karena masih dalam tahap renovasi dan pembangunan beberapa sarana, maka potensi keindahan Pantai Tapak Paderi belum bisa dinikmati secara maksimal.

2. Kebersihan di sekitar pantai yang kurang terjaga.

Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi
Danau Buatan di Pantai Tapak Paderi
Danau Buatan di Pantai Tapak Paderi
Iklan

23 respons untuk ‘Pesona Wisata Kota Bengkulu (Bagian 1): Pantai Tapak Paderi

  1. karina Januari 27, 2009 / 3:47 pm

    wah beberapa foto tampak familiar.
    hehey, hidup bengkulu!
    lestarikan pesona pantai bengkulu!!!

  2. Bang Adiet Januari 28, 2009 / 7:07 am

    ya, terima kasih kepada saudara Karina atas dokumentasi-dokumentasinya…hehehehe

  3. wira.hr April 29, 2009 / 8:50 am

    wayyyy…….tapak padri tambah elooook ajo…………..
    tambah betah ajo ambo nongkrong di tapak padri………..
    semoga wisata bengkulu tambah terkenal diduniaaaaaaaaaaaaaa

  4. rianti Juli 3, 2009 / 2:46 am

    jadi tambah kangen sama kota Bengkulu, soalnya aku lahir dan dibesarkan di Bengkulu. udah berapa tahun ya aku ga pernah ke kota kelahiranku ini ya??

  5. agung Desember 7, 2009 / 8:20 am

    waduh jdi kangen nih ma benkulu

  6. Yadi Desember 19, 2009 / 10:04 am

    sayaa bangga juga dengan wisata bengkulu yang dikit demi sedikit mulai dibenahi, sebagai anak Bengkulu yang merantau di Bogor, saya selalu kasih tahu dan cerita dengan rekan kerja dan orang orang yang seneng melancong tentang keelokan panorama kampung kita, apo lagi ingat makan dipinggir pantai panjang atau di pelabuhan lamo menunggu matahari terbenam sambil makan ikan bakar dan sambel ikan selengek……….he…he, trimokasih kawan atas foto-fotonya, kirim lagi yang elok- elok yo!

  7. john Januari 13, 2010 / 7:50 am

    sayo,sebagai putra daerah bengkulu bangga akan kemajuan daerah kito.tapi untuk realisasinya masih kurang,contoh penerangan disepanjang jalan pesisir pantai aja ga hidup.lah…memangnyo duit pemerintah udah ga ado lg apo?dikemanain tuh piti ( duit )

  8. febi April 20, 2010 / 3:16 pm

    moga Bengkulu + maju………amiiin
    I LIKE BENGKULU CITY……..^_^

  9. Netri miana April 25, 2010 / 3:42 am

    Wellcom to Bengkulu,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    majukan kota kto bgn bengkulu dgn brbagai wisata dan khas mknan…..
    I love you full Benkulu Aq rindu tanah air Q,

  10. razan jeil Mei 19, 2010 / 5:42 am

    maju trus bengkulu.

  11. chacha November 22, 2010 / 3:27 pm

    huhhuh KANGEN BENER AMA BENGKULU,, mga tahun depan bisa kesna
    AAAAAAAAAAAMMMMMMMMMMMMMMIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNN 🙂

  12. medi Januari 13, 2011 / 1:48 pm

    woy..lalamo nian ambo idak balik6 th sudah ambo di negeri orang jadi rindu tempek ambo di lahikan.

  13. medi pondok besi Januari 13, 2011 / 2:34 pm

    anyong haseo,nanuen Bengkulu saramiimnida.bank adiet ok!jg tu informasiy,sy dah lama bgt ngk balik ke tempat kelahiran n sy dibesarkn udah6th x y sy ngk balik jd kgn sama bengkoloen.tapak padri tu tempat sy main papan torat2 istilah kami dulu.

  14. Bang Adiet Januari 14, 2011 / 6:45 am

    balik dang…jangan neman nian di negeri orang tu.. tengok lah Pantai Panjang tu kini ko….hehehe

  15. lulux wardani Maret 30, 2011 / 2:14 pm

    wah jd pgen pukam trus maen k tapak paderi….
    kapan liburannya yc…

  16. randy bangau Mei 2, 2011 / 10:34 am

    iko baru pantai kito…idak ado lawanyo di sumatra???hehe

  17. randy bangau Mei 2, 2011 / 10:36 am

    iko baru pantai kito yg elok tu….idak ado lawannyo klau di sumatra???
    tp klau kt orang bengkulu asli…hati2 klau endak mandi !!!!!! hihihi

  18. rafflesiaite Juli 17, 2011 / 4:03 pm

    wayyy rndu mbo k bngkulu..
    mdah2h thun ko blik..ndak mndi d tpak padwri ambo

  19. aris steven November 27, 2011 / 5:44 am

    Buat yg lg rekreasi ,slamat menikmati aj…..

  20. zainal arifin November 27, 2011 / 2:26 pm

    tolong tempt wisata di bengkulu dijaga,krna saya pura bgkulu.tpi jrg pulang kesana,smga di jga amiin.

  21. Suci Oktober 30, 2012 / 7:40 am

    Aku bangga bgt sm kota bengkulu walau aku org jawa tp bengkulu tempat aku kecil dn dibesarkan..pantainya..maknanya I like it aplg skrg ada BIM mall yg berada di pinggir pantai… Tapak padri yg smkn oke..ada benteng yg terdp penjara bwh tnh tempat presiden soekarno dl dibuang..ad jg rmh dan sepeda antik peninggalan pak soekarno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s